Jenis jenis rendang populer di Indonesia

Indonesia terkenal dengan berbagai makanan enak enak, salah satunya itu rendang, yang hampir disemua daerah pasti bisa ditemukan, minimal bisa ditemukan di rumah makan Padang yang ada di seluruh Indonesia. Berikut jenis jenis rendang populer di Indonesia :

Rendang Daging Sapi / rendang kerbau
Salah satu makanan rendang yang paling populer yaitu rendang daging sapi/ rendang daging kerbau, rendang daging merupakan rendang yang paling populer. Tak hanya di Nusantara saja , rendang daging sapi atau rendang daging kerbau juga sudah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN . Rendang daging bisa dibuat dari daging kerbau maupun daging sapi dan dikenal di semua wilayah di Sumatra Barat dan bisa didapatkan dimana saja.

Rendang daging Kambing
Selain rendang daging kerbau atau sapi, masyarakat Minang di Kabupaten Agam juga biasa mengonsumsi rendang daging kambing. Apabila cara masaknya baik makan Bau tak sedap dari kambing akan tertutupi oleh aroma khas bumbu rendang. Tips agar Bau daging kambing juga bisa hilang yaitu  dengan cara merebusnya tanpa dicuci lebih dahulu, kemudian air rebusan tersebut dibuang.

Baca juga yang ini :

Rendang daging Ayam
Rendang ayam adalah masakah khas daerah Kapau. Untuk dimasak rendang, ayam bisa hanya cukup di potong potong saja, atau daging ayam tersebut digiling terlebih dahulu dengan mesin giling daging, dipotong, atau disuwir lebih dulu. Rendang ayam merupakan alternatif yang sering ditemukan di rumah rumah karena harganya lebih murah dan proses memasaknya lebih cepat.

jenis jenis rendang populer di Indonesia

Jenis jenis rendang populer di Indonesia

Rendang Hati dan Paru Sapi
Bagi penggemar jeroan, paru sapi atau hati sapi sebagai bahan baku rendang. Cara memasaknya sama dengan rendang daging, yaitu hati dan paru direbus terlebih dahulu, dipotong-potong, kemudian dimasak bersama bumbu rendang, cuma perlu diperhatikan untuk hati sapi jangan terlalu lama dalam memasak agar tidak hancur.

Rendang daging Itik dan Bebek
Di beberapa wilayah di Indonesia ada juga yang agak susah mendapatkan daging sapi, pilihan nya jatuh ke itik atau bebek . Salah satunya di masyarakat Payakumbuh juga lebih mengenal rendang itik dan bebek dibandingkan rendang daging. Karena daging itik yang liat, sebelum diolah, itik dan bebek harus direbus atau dipanggang lebih dulu agar cepat empuk baru di oleh menjadi rendang.

Rendang Lokan
Bagi masyarakat pesisir seperti di Padang Pariaman dan Nagari Sasak, lokan yang termasuk jenis kerang juga biasa diolah menjadi rendang. Tidak perlu waktu lama untuk memasak rendang lokan, tapi karena berbau amis, lokan harus dicuci bersih dan dilumuri perasan air jeruk nipis sebelum diolah. Pariaman, Nagari Sasak, dan Pasaman Barat.

Rendang Maco
Masyarakat di luar Sumatra Barat mungkin asing dengan nama maco, yaitu sejenis ikan asin yang banyak terdapat di Kabupaten 50 Koto.di sini Ikan yang sudah diawetkan alias ikan asin pun dijadikan rendang. tips nya ikan maco baru dimasukkan saat bumbu rendang sudah kental dan hitam.

Rendang Telur
Rendang ini adalah versi murah dan mudah yang sering dibuat oleh para bunda dirumah, telur bisa direbus dahulu kemudian di goreng lalu dicampurkan dengan bumbu rendang yang sudah mulai mengental.

Rendang Pakis
Masyarakat Kabupaten Pasaman mengenal rendang pakis sebagai salah satu hidangan wajib dalam setiap perayaan atau pesta. Rendang pakis, biasanya dimasak sampai kering, rasa nya sangat nikmat dikarnakan tertutupi dengan rasa bumbu rendang yang mantap.

Demikian info jenis jenis rendang populer yang ada di Indonesia , sekarang pilihan anda kira kira suka yang mana ? kalo saya sendiri sangat suka dengan rendang daging sapi juga rendang ayam.

mau nyobain rendang untuk dimakan bersama keluarga tapi ga mau repot? cukup hubungi ke 0852 8862 9699 anda bisa mendapatkan rendang padang kiloan yang lezat siap santap langsung dikirim ke rumah anda.

Leave a Comment

0 WooCommerce Floating Cart

No products in the cart.