sejarah rendang padang yang terkenal

sapa sih yang ga kenal dengan rendang padang? yang selalu ada di warung Padang sebagai most wanted food, tapi kira kira ada ga yang tau sejarah rendang padang yang terkenal itu sebenarnya dari mana sih ???

Rendang Padang dibuat dari bahan daging sapi segar, terkadang juga dari daging kerbau, keunikannya terletak dari bahan bumbu rendang nya, yang dibuat dari berbagai rempah rempah pilihan, dimasak dengan waktu berjam-jam dengan campuran bahan santan kelapa dimasak dengan api kecil, sehingga bumbu makin mengental, dan mengering, itu yang membuat rendang padang tahan lama sampai berhari hari bahkan berminggu minggu tanpa bahan pengawet.

sejarah rendang padang

sejarah rendang padang yang terkenal

Sejarah rendang padang sangat sulit ditemukan, baru ketika membuka tulisan The History of Sumatra (terbit 1811 oleh William Marsden yang meneliti dan menulis sejarah Sumatra terawal dan terlengkap, ), juga hanya menjelaskan proses pengolahan daging awetan tanpa menyebut nama olahannya. Di masyarakat Minangkabau saat itu perihal apa yang dimasak alias memasak daging dengan bumbu, cabai dan santan hingga kuahnya meresap kering disebut dengan merandang, mungkin itulah sejarah awal dari rendang padang yang terkenal itu.

Dahulu kala merandang dipakai untuk para perantau Minang untuk mengawetkan makanan agar bisa dibawa merantau kedaerah daerah lainnya, kebiasaan ini, terbawa hingga kepelosok negri, ke setiap wilayah perantauannya. Tidak terkecuali ke negri Malaysia sebagai destinasi para perantau Minang juga menerima pengaruh rendang. Wajar saja kalau Malaysia merasa pernah mengklaim rendang sebagai malaysian food mereka, meski rendang di negeri jiran ini lebih cenderung basah dan bertekstur merah kecoklatan (orang Minang menamakannya kalio).

“Untuk mengatasi masalah ini, mereka akan membawa makanan dari rumah mereka… dan makanan yang bisa bertahan lama dalam kondisi yang tetap baik adalah rendang.” ujar Gusti Anan, dosen sejarah di Universitas Andalas di Sumatera,yang menjelaskan bagaimana tradisi merantau Minangkabau menghasilkan penyebaran rendang Padang di negara-negara yang terletak di Semenanjung Malaya.

Dibungkus dengan daun atau daun pisang, mereka membawa hidangan itu bersama mereka, untuk bekal selama di perjalanan.

sajian rendang padang di rumah makan

Cara masak yang berjam jam konon katanya dikarnakan dahulu kala banyak yang masih memakai daging kerbau yang terkenal dengan ke alotan nya, oleh sebab itu, memasak rendang diperlukan waktu antara tiga hingga tujuh jam lamanya, agar bisa mendapatkan daging rendang kerbau yang empuk, dan bumbu meresap.

Sedangkan campuran bumbu rendang nya menurut sejarah banyak dipengaruhi oleh gaya masakan india, cina dan arab, yang pada abad ke 2 banyak pedagang asal negara india, arab dan cina yang berlabuh disini dalam berdagang emas, juga rempah rempah.

Mangkanya ada istilah “kalio” yang asal kata dari “curry” yang merupakan tahapan memasak daging dalam bumbu-bumbu rendang dan santan sebelum cairan menguap menghasilkan konsistensi yang lebih basah.

Ditempat asalnya di Minangkabau Padang, rendang dianggap sebagai hidangan istimewa,terhormat, prestisius bagi orang-orang Minangkabau, dan yang merupakan manifestasi dari filosofi mereka: kesabaran, kebijaksanaan dan ketekunan.

Suatu hidangan makanan khusus untuk tamu terhormat yang dibuat memakan waktu berjam jam seperti rendang pernah (dan masih) dimasak hanya dalam acara khusus seperti pernikahan atau untuk pengangkatan pemimpin lokal atau acara acara kehormatan di kerajaan.

Tapi sekarang sejarah rendang sudah mulai berevolusi, dari awalnya untuk hidangan istimewa sekarang sudah menjadi hidangan yang terkenal seantero negri, bahkan sudah pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat sedunia di tahun 2011 & 2017 oleh CNN, citarasa rendang sudah mulai banyak berinovasi dengan kultur daerah masing masing, hingga banyak daerah yang mempunyai citarasa yang berbeda dalam penyajian maupun cara masak rendang,

Dan inovasi rendang juga sudah mulai merambah ke berbagai jenis bahan daging yang bisa diolah dengan cara merandang, seperti : rendang daging sapi, rendang daging kerbau, rendang ayam yang sering dibuat oleh para bunda di rumah, hingga rendang ikan asin, rendang jengkol sampai rendang daun pakis.

rendang padang kemasan siap santap

Sejarah kenikmatan rendang sekarang sudah bisa dinikmati tanpa susah payah, sudah banyak rumah makan padang yang menyediakan sajian rendang sebagai pilihan, dan hampir disetiap acara acara besar, pesta maupun hari raya besar, masyarakat Indonesia memilih rendang sebagai pilihan menu terbaik yang di hidangkan.

Mau coba makan rendang tapi ga mau repot? sudah banyak penjual online rendang yang menyediakan rendang siap saji, baik yang di buat bentuk kemasan atau dimasak dadakan untuk anda seperti disini.

 

Leave a Comment

0 WooCommerce Floating Cart

No products in the cart.